Menu Melayang

25 Oktober 2018

Kahiyang Ayu Akan Melahirkan Secara Caesar

Seperti diberitakan TEMPO.CO, Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, akan melahirkan anak pertamanya dengan operasi caesar. Persalinan dijadwalkan akan dijalani hari ini, Rabu, 1 Agustus 2018.

Kenapa harus operasi caesar? Bayi dilahirkan ke dunia ini memang ada dua cara. Pertama, proses persalinan normal lewat vagina, dan kedua melalui pembedahan dengan operasi caesar. Tujuan akhir dari kedua metode persalinan tersebut adalah melahirkan bayi yang sehat dan dengan aman.

Dalam beberapa kasus, operasi caesar direncanakan karena alasan medis, yang membuat kelahiran secara alami terlalu berisiko.

Beberapa alasan persalinan yang dilakukan dengan operasi caesar, seperti disebutkan dalam Livescience, adalah karena bayi kembar atau lebih dari satu bayi, atau sang ibu memiliki kondisi medis, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Disebutkan pula bahwa beberapa hal yang perlu diperhatikan pada persalinan yang dilakukan dengan operasi caesar adalah ibu melahirkan biasanya tinggal di rumah sakit lebih lama, rata-rata dua sampai empat hari, dibandingkan dengan wanita yang melahirkan secara alami.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa wanita yang menjalani bedah caesar lebih kecil kemungkinannya untuk memulai menyusui lebih awal daripada wanita yang mengalami persalinan alami.

Periode pemulihan setelah melahirkan juga lebih lama karena seorang wanita mungkin memiliki lebih banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan di perutnya karena kulit dan saraf di sekitar bekas luka bedahnya perlu waktu untuk menyembuhkan, sering setidaknya selama dua bulan.

Sumber : TEMPO

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel